Cara membuat: Jengkol Setan Kering

Hi Ibu Cantik dimana Saja Berada, Jumpa lagi di resepibucantik.com | Jengkol Setan Kering. Sambal setan + Sambal jengkol + Sambal mangga =? Jengkol yang mempunyai bau yang sangat menyengat saat buang air kecil, namun mampu menarik minat untuk dimasak, diolah menjadi makanan yang lezat. Halloww.teman youtube,kali ini "Mbak Ati Channel"bikin sambel jengkol,untuk yg ingin tau gimana cara bikinnya tonton videonya sampai selesai ya.

Cara membuat: Jengkol Setan Kering Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang. Manfaat jengkol ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Manfaat jengkol ternyata bagus bagi kesehatan tubuh. Bunda bisa membuat Jengkol Setan Kering menggunakan 13 bahan dan 5 langkah mudah. Begini cara memasaknya.

Bahan-bahan untuk membuat Jengkol Setan Kering

  1. 1/2 kg jengkol.
  2. 10 buah cabai setan.
  3. 15 buah cabai merah.
  4. 45 buah cabai rawit.
  5. 12 siung bawang merah.
  6. 8 siung bawang putih.
  7. 1/2 sdt garam.
  8. 1/2 sdt gula.
  9. 1/4 sdt merica.
  10. 1/2 sdt penyedap rasa.
  11. 1 sdt saori saus tiram.
  12. 1 sdt kecap manis.
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk apapun sesuai selera.

Ini berkat berbagai kandungan di dalamnya, seperti asam amino, protein. Resep semur jengkol pedas, terbayang nikmatnya saat disantap bersama nasi hangat. Padukan dengan masakan Indonesia lainnya, Semur Jengkol Pedas ini dijamin jadi bintangnya. Jengkol atau jering (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara.

cara pembuatan Jengkol Setan Kering

  1. Pertama, bersihkan jengkol dari kulitnya kalo masih ada kulitnya oke. Lalu cuci sampai bersih, dan geprek sedikit jengkol agar bumbu bisa meresap. Lalu rebus agar matang. Air rebusan aku kasih kopi hitam agar bau nya hilang. :D.
  2. Cabai dan bawang tadi cuci bersih, kemudian direbus sebentar agar mudah di haluskan menggunakan uleg an supaya cepat..
  3. Lalu tiriskan jengkol yg sudah di rebus tadi, dan aku potong menjadi 2 bagian. Kemudian digoreng sebentar. Digoreng sampai agak kering, jangan terlalu kering nanti bisa keras..
  4. Setelah bumbu yang dihaluskan tadi ditumis, lalu masukan garam gula dll. Saat sudah harum, masukan jengkol yang tadi sudah digoreng. Lalu kasih air sedikit agar nyemek, kemudian tumis sampai kering..
  5. Jangan lupa dicoba ya bun 😀 ini jengkol mantap banget deh bagi yg suka pedas..

Bijinya digemari di Malaysia (disebut "jering"), Myanmar (disebut "da nyin thee'"), dan Thailand (disebut "luk-nieng" atau "luk neang"). Anda tidak suka jengkol karena baunya yang kurang sedap? Jangan menilai jengkol hanya dari baunya saja. Memang sih, tidak sedikit orang yang menghindari jengkol karena baunya yang kurang. RESEP RENDANG JENGKOL PLUS KERANG Assalammualaikum Bunda. Demikian resep Jengkol Setan Kering, jangan lupa terus selalu cek resepibucantik.com untuk resep lainnya.

Leave a Comment

Scroll to Top