Cara membuat: Kalio Jariang (Jengkol)

Hi Ibu Cantik dimana Saja Berada, Jumpa lagi di resepibucantik.com | Kalio Jariang (Jengkol). Kalio Jariang atau Kalio Jengkol merupakan salah satu makanan khas Minang. Dari namanya aja kita udah pasti tau nih, yaitu jengkol yang di Kalio atau di. Resep Kalio Jengkol ll Nikmatnya Kalio Jengkol Legit.

Cara membuat: Kalio Jariang (Jengkol) Masaknya tidak sampai mengental dan minyak keluar. Rendam jengkol…» Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang pohonnya banyak tumbuh di indonesia. Hampir seluruh daerah di nusantara memiliki cara tersendiri dalam mengolah bahan makanan yang satu ini. Bunda bisa memasak Kalio Jariang (Jengkol) menggunakan 26 bahan dan 10 langkah mudah. Begini cara memasaknya.

Bahan-bahan untuk membuat Kalio Jariang (Jengkol)

  1. 1/2 kg jengkol.
  2. 6 lembar daun salam.
  3. 8 lembar daun jeruk.
  4. 2 batang serai (geprek).
  5. 1 lembar daun kunyit.
  6. 1 sdm baking soda.
  7. 130 ml santan.
  8. 2 buah bunga lawang / pekak.
  9. 3 butir kapulaga.
  10. 3 buah cengkeh.
  11. secukupnya minyak goreng.
  12. secukupnya air.
  13. secukupnya garam.
  14. secukupnya gula pasir.
  15. secukupnya lada.
  16. secukupnya kaldu bubuk.
  17. Bumbu Halus.
  18. 8 siung bawang merah.
  19. 6 siung bawang putih.
  20. 7 butir kemiri (sangrai).
  21. 10 buah cabai merah (me : cabai merah keriting).
  22. cabai rawit (sesuai selera, me : 10 buah).
  23. 1/2 sdt jintan putih.
  24. 1 sdm ketumbar.
  25. 1 ruas kunyit.
  26. 1/2 ruas jahe.

Umumnya, Kalio Jariang memakai jengkol yang sudah tua sebagai bahan baku. twgram.me. Usut punya usut, jengkol yang dimasak untuk Kalio Jariang umumnya terdiri atas dua pilihan yaitu. This food is highly favored by the people of Padang, West Sumatra. Rendang Jengkol Pulen Dan Tidak Bau Anti Gagal.

cara pembuatan Kalio Jariang (Jengkol)

  1. Rendam jengkol dengan 2 lembar daun salam & 2 lembar daun jeruk agar jengkol menjadi empuk dan meminimalisir aromanya. Saya merendam selama 3 hari 3 malam, dengan penggantian air setiap hari. Tetapi kalau mau merendam sehari semalam juga boleh..
  2. Setelah direndam, rebus jengkol dengan 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1 batang serai geprek dan baking soda. Rebus selama 30 menit..
  3. Sambil menunggu rebusan jengkol, haluskan semua bahan bumbu halus.
  4. Setelah 30 menit, buang air rebusan jengkol, lalu cuci bersih jengkol, kupas sisa sisa kulit jengkol yang masih menempel.
  5. Geprek / pipihkan jengkol agar nantinya bumbu dapat lebih meresap, tapi jangan sampai hancur.
  6. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, daun kunyit, serai geprek, bunga lawang, cengkeh, kapulaga. Tumis hingga harum.
  7. Masukkan jengkol ke dalam tumisan, aduk aduk. Kemudian tambahkan air dan 65 ml santan.
  8. Bumbui dengan garam, lada, gula pasir dan kaldu bubuk. Masak dengan api sedang hingga air menyusut, tapi jangan terlalu kering.
  9. Tambahkan kembali 65 ml santan, masak kembali. Jika bumbu sudah mengeluarkan minyak, tandanya sudah matang, tapi jangan terlalu kering. Selesai..
  10. Kalau mau dijadikan rendang, proses memasak dapat dilanjutkan kembali hingga warnanya menjadi gelap..

Lihat juga resep Kalio Jariang (Jengkol) enak lainnya. Kalio memiliki warna coklat muda dengan tekstur lengket, basah, dan kuahnya agak encer. Tidak seperti rendang, ternyata kalio dapat menggunakan banyak jenis daging. Resep Kalio Jariang aka Kalio Jengkol Khas Minang – Enak, Lezat dan Sederhana. Resep Hari Ini Merupakan Blog Kumpulan Resep Aneka Masakan Indonesia Lengkap, Praktis, Mudah dan Sederhana. Demikian resep Kalio Jariang (Jengkol), jangan lupa terus selalu cek resepibucantik.com untuk resep lainnya.

Leave a Comment

Scroll to Top