Resep: Semur Jengkol medok anti bau

Hi Ibu Cantik dimana Saja Berada, Jumpa lagi di resepibucantik.com | Semur Jengkol medok anti bau. Kalo udah makan ini, auto nambah nasi dan bikin. Resep Cara Membuat Semur Jengkol Pedas Empuk – Semur jengkol adalah satu makanan enak yang banyak digemari. Lihat juga resep Semur jengkol endul enak lainnya.

Semur Jengkol medok anti bau Langsung saja simak resep selengkapnya berikut. Hal ini agar jengkol empuk dan tidak bau. Siapkan blender atau bisa juga ulekan, lalu masukan semua Bahan B. Bunda bisa memasak Semur Jengkol medok anti bau menggunakan 14 bahan dan 5 langkah mudah. Begini cara memasaknya.

Bahan-bahan untuk membuat Semur Jengkol medok anti bau

  1. 250 gram Jengkol tua.
  2. 8 butir bawang merah ukuran sedang.
  3. 5 butir bawang putih.
  4. 7 butir kemiri.
  5. 100 gram cabe merah keriting (sesuai selera, jika ingin pedas).
  6. 1 sdt merica.
  7. 1/2 sdt pala bubuk.
  8. 1 sdt ketumbar.
  9. secukupnya Garam.
  10. Kecap manis secukupnya sesuai selera.
  11. secukupnya Gula pasir.
  12. secukupnya Air.
  13. 3 lembar daun salam.
  14. 1 cm lengkuas (geprek).

Gunakan kecepatan tinggi, lumat semua bahan hingga menjadi Bumbu Halus siap pakai. Tips mengolah jengkol anti bau ini disampaikan Ibu Endang dalam resep semur jengkol andalannya. Jengkol anti bau ala Ibu Amanda IG:@andrianda. Ibu Amanda adalah seorang cook instagrammer yang aktif sekali berbagi konten video masak sekaligus resepnya.

cara pembuatan Semur Jengkol medok anti bau

  1. Tips agar kurang baunya : rendam jengkol dengan air sampai setengah hari, kemudian ganti airnya tambahkan kopi bubuk tanpa gula sampe malam hari. Kemudiaganti lagi airnya rendam dengan air biasa hingga besok pagi..
  2. Rebus jengkol dengan daun salam sampai empuk, kemudian belah 2 pukul2 agak semakin pipih.
  3. Haluskan : bawah merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, cabai, lada. Kemudian tumis hingga wangi dan matang (dengan api sedang ke kecil).
  4. Setelah wangi dan matang,tambakan air kira2 100 ml, garam, gula, pala, kecap, aduk. Test rasa, masukan jengkol. Kemudian tutup pan. Diamkan / shimmer sampe bumbu mengental, sesekali aduk agak bawah tidak gosong. (saya pake api kecil saja).
  5. Setelah mengental, pindahkan ke dalam wadah. Saya taburi bawang goreng. Dijamin ludes, pake bumbunya dan nasi panas aja enak banget 😝.

Bau yang ada pada jengkol menurut sebagian orang cukup mengganggu, tapi untuk sebagian yang lain hal itu nggak jadi masalah. Jengkol ini biasanya dimasak dengan banyak bumbu, contohnya seperti rendang jengkol, semur jengkol, gulai jengkol atau bisa juga dimasak dengan sambal. Resep semur jengkol – Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan menu masakan jengkol ini memang sangat khas dan rasanya juga sangat nikmat meskipun baunya agak kurang sedap, misalnya seperti semur jengkol. Pilih jengkol yang cukup tua, lalu rendam jengkol dalam air kapur sirih semalaman. Demikian resep Semur Jengkol medok anti bau, jangan lupa terus selalu cek resepibucantik.com untuk resep lainnya.

Leave a Comment

Scroll to Top